[PRD] Kuis

Soal Kuis

1.      Apa rekayasa itu? Apa desain itu? Apa persamaan dan perbedaan antara keduanya?

Rekayasa merupakan rancangan dan analisis kreatif yang memanfaatkan energi, material, gerak dan informasi untuk melayani kebutuhan manusia dengan cara yang inovatif (Kosky et al, 2010). Sedangkan berdasarkan Wikipedia, Rekayasa adalah penerapan ilmu dan teknologi untuk menyelesaikan permasalahan manusia. Sementara itu kata “desain” bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, “desain” memiliki arti “proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru”. Sebagai kata benda, “desain” digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata. Perbedaan antara keduanya adalah ‘Rekayasa’ menyelesaikan permasalahan lewat pengetahuan, matematika dan pengalaman praktis yang diterapkan untuk ‘mendesainobjek atau proses yang berguna. Sedangkan persamaannya keduanya merupakan rancangan yang bersifat kreatif.

2.      Apa saja peran terpenting rekayasa dan desain dalam masyarakat?

Peran terpenting rekayasa dan desain adalah menciptakan hal-hal yang inovatif, kreatif, serta bermanfaat yang dapat menjadi solusi bagi permasalahan masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan mutu kehidupan masyarakat.

3.      Insinyur adalah sebuah profesi. Apa maksudnya?

Insinyur bekerja sebagai orang yang menciptakan solusi terampil untuk menyelesaikan masalah sosial di masyarakat. Insinyur bukan hanya sebatas gelar dalam sistem akademis, melainkan bagian masyarakat yang memiliki pengetahuan khusus seperti matematika, fisika, ilmu keteknikan, dan prisip-prinsip engineering dalam analisis dan desain serta berpengalaman dan terkualifikasi, jadi disini insinyur merupakan seorang profesional (tenaga ahli) dalam menyelesaikan permasalahan dan peninkatan kualitas hidup berdasarkan prinsip engineering.

4.      Mengapa kode etik menjadi hal yang utama dalam profesi insinyur?

Karena kode etik dapat menjadi standar tingkah laku profesi insinyur dalam menciptakan solusi. Dengan kode etik seorang insinyur dapat terhindar dari tekanan seperti keinginan pribadi, ideology, agama, politik, dll.

5.      Sebutkan secara garis besar langkah-langkah umum bagaimana seorang insinyur (dalam bidang apapun) memecahkan masalah?

Secara garis besar langkah-langkah dalam memecahkan masalah secara enginnering:

v  Need, yaitu  mengetahui variabel need (apa yang yang dibutuhkan) untuk menyelesaikan permasalahan

v  Know, setelah mengetahui apa yang dibutuhkan, maka selanjutnya harus mengetahui permasalahan yang sedang ingin dipecahkan

v  How,  kemudian tahap selanjutnya adalah bagaimana memecahkan permasalahnya, tahap ini dimulai dengan memikirkan metode dan pendekatan yang tepat yang sebaiknya digunakan untuk memecahkan permasalahan

v  Solve, tahap ini merupakan perealisasian dari metode yang telah dirancang, sehingga masalah tersebut dapat terpecahkan

6.      Mengapa pengetahuan mengenai energi memegang peran begitu penting dalam rekayasa?

Seperti kita tahu rekayasa memanfaatkan seluruh aspek yang ada, salah satunya adalah energi dan energi adalah salah satu sumber daya terbesar yang dapat dimanfaatkan dalam rekayasa, sehingga pengetahuan mengenai energy berperan penting dalam rekayasa.

7.      Lihat gambar dibawah ini! Jelaskan apa maksudnya dalam kaitan dengan konsep rekayasa dan desain?

20

Permasalahan memiliki level-level tertentu. Engineering mampu menyelesaikan masalah-masalah tersebut  berbeda tingkatannya, mulai yang dari sederhana sampai ke yang kompleks.

1.      Tugas rancangan bebas: Sebagai ilmuwan anda ditugaskan menimbang berat bumi. Rancanglah solusi anda selayaknya seorang insinyur. Gunakan ide anda yang paling inovatif. Sebutkan asumsi dasar yang anda gunakan. Lengkapi jawaban anda dengan sketsa dari solusinya

Diasumsikan jika massa-massa benda tersebut terkonsentrasi pada bagian tengah bola tersebut. Persamaan berikutnya mengekspresikan tarikan gravitasi yang dimiliki dua objek yang berbentuk bola tersebut.

F= G x M1 x 2/R2

R adalah jarak pemisah kedua objek tersebut dalam meter.

G adalah konstanta, yaitu 6,67259 x 10-11m3/s2kg.

M1 dan M2 adalah massa dari kedua objek yang saling tarik-menarik.

F adalah kekuatan dari tarikan diantara kedua benda tersebut.

Anggaplah bumi adalah salah satu dari masa tersebut (M1) dan 1-kg benda bulat adalah massa yang satunya (M2). M1 “tidak diketahui” dalam persamaanya. Kita dapat menghitung kekuatanya dengan cukup mudah, yaitu dengan menjatuhkan benda bulat 1-kg dan menghitung percepatan yang disebabkan oleh gravitasi bumi. Kekuatan diantara keduanya 9,8 kg x m/s2. jari-jari bumi adalah 6.400.000 meter. Jika kamu memasukkan semua nilai ini dan menyelesaikan M1, kamu mendapatkan massa bumi adalah:

6.000.000.000.000.000.000.000.000 (6 x 1024) kilogram.

Akan lebih tepat membicarakan massa dibandingkan berat karena berat adalah kekuatan yang dihasilkan medan gravitasi. Kita dapat mengambil bola bowling dan mengukur beratnya di bumi dan di bulan. Berat di bulan sebesar 1/6 dari berat di bumi, tetapi jumlah massa bola bowling sama di kedua tempat tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s