[PRD] Understanding Cyberworld 2020

Understanding Cyberworld 2020, sebuah film yang bercerita tentang ramalan teknologi yang akan menghiasi dunia pada tahun 2020 mendatang. Di masa mendatang, kita akan hidup dengan teknologi, mau ata tidak. Teknologi bukanlah sebuah pilihan, melainkan sebuah kebutuhan setiap individu. Teknologi akan sangat dibutuhkan di setiap aspek kehidupan. Bahkan begitu besarnya kebutuhan teknologi sehingga teknologi itu sendiri pun berkembang dengan sangat pesat. Kemudian muncullah hukum Morris. Gordon Morris menyatakan bahwa kekuatan pemrosesan akan berlipat sebanyak 2 kali setiap 18 bulan. Hukum tersebut telah berlaku sejak tahun 1965. Sejauh ini, hukum tersebut telah terbukti. Namun teka-teki yang menghantui masa depan adalah akankah hukum tersebut tetap berlaku hingga tahun 2020?

Selama ini manusia seakan berupaya “Memberi Nyawa” kedalam mesin yang mendukung perkembangan teknologi masa depan. Bahkan ilmuwan sedang mengembangkan robot yang dapat berinteraksi dengan manusia, mereka memiliki emosi layaknya manusia. Lalu apakah teknologi akan benar-benar bertingkah layaknya manusia?

Semua perkembangan teknologi yang pesat tersebut adalah mungkin. Karena segala teknologi yang muncul saat ini dianggap mustahil pada awalnya. Namun kerja keras para ilmuwan membuat kita merasakan semua teknologi yang ada saat ini, merasakan semua hal yang dianggap mustahil pada masa lampau.

Semua pencapaian teknologi yang ada saat ini maupun dimasa yang akan datang sedikit banyak telah mempengaruhi kehidupan kita. Semua hal memiliki dua sisi, yaitu sisi positif dan sisi negative. Bagitu juga dengan perkembangan teknologi. Teknologi sangat membantu kita dalam segala hal, mulai dari hal komunikasi sampai membantu pekerjaan kita. Teknologi mendekatkan yang jauh. Namun, teknologi juga menjauhkan yang dekat. Teknologi membuat kita seakan-akan terisolasi dari kehidupan nyata. Salah satunya dalam aspek sosial seperti melemahkan gotong royong dan tolong-menolong antar sesama. Hal tersebut berdampak pada sifat dan sikap individu sehingga mereka akan menjadi orang yang individualis. Perkembangan teknologi juga memiliki dampak negatif terhadap teknologi itu sendiri, seperti maraknya cyber crime akhir-akhir ini.

Semakin berkembangnya teknologi, maka semakin banyaknya etika-etika dalam perkembangan di dunia teknologi yang ada. Sebagai salah satu contoh yang ada di dalam perkembangan teknologi komunikasi ini bila seseorang bekerja di bidang yang membutuhkan teknologi komunikasi dalam perkembangannya , maka orang tersebut harus mematuhi etika- etika yang ada di dalam perusahaan tersebut. Itu sudah mutlak yang harus dilakukan dalam aplikasinya tersebut. Perkembangan teknologi yang pesat seakan memunculkan isu-isu etika yang cenderung bersifat negatif. Seperti yang dikonsepkan dalam “Understanding Cyberworld 2020”, sehingga pada akhirnya semua peran dan fungsi manusia digantikan oleh mesin. Lalu manusia akan jadi seperti apa? Hal tersebut seakan melanggar kodrat alam dan jelas menimbulkan kontroversi.

Di dalam dunia teknologi ada banyak hal yang harus diperhitungkan dalam perkembangannya tersebut. Hal ini menjadi pertimbangan dalam pemikiran semua orang yang yang harus di perhitungkan untuk membuat suatu keputusan yang ada. Karena etika merupakan sebuah alat yang menjadi tolak ukur dan titik balik dari perkembangan tersebut apakah mempunyai sisi positif ataupun buruk

http://komunikasi.us/index.php/mata-kuliah/kmm/12-response-paper-ptk-2013/1349-etika-perkembangan-teknologi

http://portal.paseban.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s